Main Article Content
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Gadget pada dan untuk mengetahui dampak penggunaan Gadget terhadap keterampilan komunikasi dan sosial siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Dukuh 01 Mojolaban Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung dengan partisipan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa dan 1 guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Siswa menggunakan gadgetnya rata-rata selama 1-2 jam dan menggunakannya untuk bermain sosial media, game dan belajar. Adapaun dampak penggunaan gadget pada keterampilan komunikasi dan keterampilan sosial. Dampak gadget pada keterampilan komunikasi; Merasa malu dan minder saat bertanya dan berpendapat, berbicara dengan nada yang kurang jelas dan kurang fokus saat berkomunikasi karena pikirannya mudah teralihkan. Sedangkan dampak gadget pada keterampilan sosial ; Merasa malu saat berada dalam kegiatan belajar kelompok jadi siswa cenderung pasif saat berada dalam kelompok belajar, menurunnya empati siswa seperti tidak mau menjenguk ketika temannya sedang sakit dan menurunnya interaksi sosial seperti lebih suka bermain game dirumah dibanding bermain dengan teman sebayanya.