Main Article Content

Abstract

Dewasa ini, teknologi digital mengalami perkembangan yang pesat. Bukan tidak mungkin perkembangan teknologi juga masuk dalam ranah dunia pendidikan. Hal ini membuat seorang pendidik dituntut untuk bisa mengupgrade diri mengikuti perkembangan teknologi agar siswa mampu menyerap materi dengan baik melalui media pembelajaran interaktif yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang dapat membantu pendidik dalam menggapai tujuan pembelajaran yaitu adanya aplikasi assemblr edu berbasis augmented reality yang dapat menampilkan materi secara 3 Dimensi untuk menunjang pengembangan sikap ilmiah sehingga dapat meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media augmented reality dalam pebelajaran IPA di kelas 6, 2) Untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media augmented reality terhadap peningkatan literasi sains siswa di kelas 6. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media interaktif assemblr edu berbasis augmented reality layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran, 2) Media interaktif assemblr edu berbasis augmented reality menghasilkan hasil yang baik dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi sains siswa.

Keywords

Pengembangan Media Assemblr Edu Literasi Sains Siswa

Article Details

How to Cite
Suttrisno, Mahruzah Yulia, N., & Putri, D. D. L. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 6. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(3), 410-419. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1267