Main Article Content

Abstract

Pada saat ini, krisis terhadap karakter senang belajar masih banyak ditemukan. Rendahnya hasil belajar anak dapat diakibatkan karena minat dan motivasi belajar yang menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku pedoman permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter senang belajar anak usia 10-12 tahun. Pengembangan buku permainan tradisional ini merupakan hasil dari penelitian menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Peneliti menyebarkan instrumen analisis kebutuhan berupa kuesioner terbuka danĀ  tertutup yang telah dibagikan kepada sepuluh guru bersertifikasi dari daerah Jambi, Sleman, Klaten, Jawa Tengah, dan Lampung, serta melibatkan sepuluh validator sebagai expert judgement dan delapan anak untuk melakukan uji coba terbatas. Berdasarkan hasil evaluasi dari validator, buku pedoman yang dikembangkan dengan tahapan ADDIE, memperoleh skor dengan rerata 3,83. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas buku pedoman memiliki kriteria sangat baik sehingga tidak perlu ada revisi. Buku pedoman permainan tradisional ini memberikan pengaruh terhadap karakter senang belajar yang ditunjukan dengan peningkatan rerata skor penilaian diri. Buku pedoman permainan tradisional ini menghasilkan tingkat Effect size r sebesar 0,96 atau setara dengan 93,5% dengan kategori efek besar dan memperoleh N-Gain Score 71,34% termasuk dalam efektivitas tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan buku pedoman permainan tradisional ini dapat menumbuhkan karakter senang belajar pada anak usia 10-12 tahun.

Keywords

Karakter Senang Belajar, Permainan Tradisional, Buku Pedoman

Article Details

How to Cite
Damayanti, Y., & Ari Nugrahanta, G. (2023). MENUMBUHKAN KARAKTER SENANG BELAJAR ANAK USIA 10-12 TAHUN DENGAN BUKU PEDOMAN PERMAINAN TRADISIONAL. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 773-783. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1286