Main Article Content
Abstract
Perkembangan zaman yang sangat pesat mengakibatkan banyak terjadinya penyimpangan khususnya pada siswa sekolah dasar. Penyimpangan tersebut tak terlepas dari adanya penurunan pendidikan karakter yang dimiliki oleh masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter berkebhinekaan global dalam pembelajaran PPKn terhadap nilai moral siswa sekolah dasar dan faktor apa saja yang membuat pendidikan karakter berkebhinekaan global siswa sekolah dasar menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan 21 jurnal yang relevan dengan permasalahan yang akan dibahas. Penelitian ini juga menggunakan teknik meta analisis data. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa pendidikan karakter berkebhinekaan global melalui pembelajaran PPKn terhadap nilai moral siswa SD sudah terimplementasi, namun pada penerapannya belum bisa dikatakan berhasil karena memiliki banyak tantangan yang kompleks bagi satuan pendidikan, serta terdapat dua faktor yang mempengaruhi hal tersebut yakni faktor internal dan eksternal