Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE berbasis Entrepreunership materi koperasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Oeba 3 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen (quasi Eksperimen). Penelitian ini dilakukan dengan mengelompokkan siswa menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 17 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket respon siswa tentang metode diskusi kelompok dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data secara kuantitatif berdasarkan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu 82,06 yang termasuk dalam kriteria tinggi dan kelas kontrol 70,00. Dari hasil perhitungan rumus korelasi product moment tersebut menunjukkan bahwa rhitung>rtabel, maka 0,671-0,995 dapat disimpulkan bahwa yang diajukan oleh peneliti diterima, yaitu terdapat hubungan metode diskusi kelompok dengan hasil belajar pada materi koperasi siswa kelas V SDN Oeba 2 Kupang. Langkah selanjutnya dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Dalam pengujian normalitas diperoleh hasil 0,377>0,05yang menunjukkan data tersebut berdistribusi normal, uji homogenitas diperoleh nilai 0,247>0,05 yang artinya data homogen, uji hipotesis diperoleh nilai 0,482>0,005 H1 diterima. Dari hasil perhitungan dari hasil perhitungan diatas maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa ada pengaruh media pembelajaran POE berbasis Entrepreunership terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi koperasi kelas V SDN Oeba 3 Kupang

Keywords

POE; Entrepreunership; IPS

Article Details

How to Cite
Muhsam, J., Nengah Suastika, I., & Wayan Lasmawan, I. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBASIS ENTREPREUNERSHIP MATERI KOPERASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 807-812. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1324