Main Article Content

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pra penelitian di SD Negeri Depok 1 Sleman diketahui bahwa sebagian siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Depok 1 Sleman materi pecahan melalui pembelajaran teams games tournament berbantuan media puzzle pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar soal tes dan lembar observasi guru. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,68% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,47% (sangat baik). Rata – rata hasil belajar Matematika pada siklus I memperoleh nilai 67 dan meningkat pada siklus II menjadi 88,53%. Ketuntasan hasil belajar Matematika pada siklus I sebesar 57,14%  dan meningkat pada siklus II menjadi 82,14%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran teams games tournament berbantuan media puzzle pecahan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa.

Keywords

Hasil Belajar; Matematika; TGT

Article Details

How to Cite
Erlina, D., Rahmawati, P., Suryawan, A., & Lestari, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMET (TGT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PECAHAN GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DEPOK 1. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 753-758. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1330