Main Article Content

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pendidikan di daerah 3T. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SD Santo Yosef Sioban Mentawai pada Agustus sampai November 2023.  Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yakni  pendidik, orang tua peserta didik dan peserta didik kelas 5 SD Santo Yosef Sioban Mentawai. Sedangkan objek dalam penelitian ini yakni persepsi pendidikan di daerah 3T. Keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis secara kualitatif Miles & Huberman yakni mengumpulkan suatu data, reduksi suatu data, menyajikan suatu data dan menarik kesimpulan. Hasil atau kesimpulannya yakni persepsi pendidikan di daerah 3T memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan peserta didik. Hal ini dibuktikan dari: 1) kreativitas pendidik dalam mengajar, 2) kerjasama orang tua peserta didik untuk perkembangan anak-anak mereka, dan3) minat peserta didik dalam belajar untuk menggapai cita-cita.

Keywords

Persepsi, Pendidikan

Article Details

How to Cite
Wahyuni, M. E., & Eny Winarti. (2024). ANALISIS PERSEPSI PENDIDIKAN DI DAERAH 3T. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(3), 428-435. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1358