Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan, kendala dan upaya yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di SDN 4 Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Pembentukan karakter religius melalui pendidikan dan pembiasaan perilaku religi di sekolah dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti berdoa sebelum belajar dan sebelum pulang sekolah, Imtaq rutin setiap hari Jumat, Dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti mengadakan lomba menulis kaligrafi dan lomba Gerakan sholat. (2) Kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter religius melalui Pendidikan dan pembiasaan perilaku keagamaan di sekolah dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang meliputi perilaku bawaan dalam diri siswa dan faktor eksternal yang meliputi kurang optimalnya pengkondisian kepada siswa saat kegiatan berlangsung, latar belakang pendidikan siswa, perbedaan pola asuh atau kepedulian terhadap orang tua, teman sebaya, dan infrastruktur; (3) Solusi untuk mengatasi hambatan pembentukan karakter religius melalui pendidikan dan pembiasaan perilaku keagamaan di sekolah, yaitu dengan melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan karakter, kedisiplinan, pemberian penghargaan kepada siswa dan penambahan sarana dan prasarana.

Keywords

Pendidikan Karakter Religius Kegiatan Keagamaan Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Arianti, F., Istanti Suwandayani, B., & Mukhlishina, I. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SDN 4 SAMBIK BANGKOL. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 784-791. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1373