Main Article Content

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap manusia saat ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen One Group Pretest and Posttest Design. subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Karangaji. Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu nilai yang diperoleh siswa dalam pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata pretest mendapatkan nilai sebesar 27 dan pada posttest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 62. Selain siswa sudah memiliki kemampuan literasi dan numerasi yang baik, siswa juga terlihat menjadi lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. guru juga dapat menghemat waktu ketika menyampaikan materi pelajaran karena siswa menjadi lebih mudah paham. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media flashcard memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.

Keywords

flashcard literasi numerasi

Article Details

How to Cite
Maziyah, H. N., & Zumrotun, E. (2024). PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DI SDN 3 KARANGAJI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(1), 157-164. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1401