Main Article Content

Abstract

Dalam implementasi profil pelajar pancasila yang kaitannya langsung dalam kurikulum merdeka belajar ada beberapa penerapan yang di lakukan oleh guru terutama di kelas 4B Sekolah Dasar Negeri 01 Kota jambi, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode observasi dan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah Guru Kelas dan Peserta didik Di kelas 4B. Lalu, data sekunder dari penelitian ini didukung dari dokumen sekolah yang berkaitan dengan Implementasi profil pelajar Pancasila. Adapun implementasikan profil pelajar pancasila yang berkaitan langsung dalam kurikulum merdeka belajar, Yang penulis temukan di Kelas 4B Sekolah Dasar Negeri 01 Kota jambi adalah : Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong royong, Mandiri, Kreatif, Bernalar kritis. Pemerintah Indonesia meluncurkan Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada peserta didik serta lembaga pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran. Kurikulum ini dirancang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, memperkuat karakter, dan mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan masa depan. Profil Pelajar Pancasila adalah bagian integral dari Kurikulum Merdeka dan mencerminkan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Keywords

Profil Pelajar Pancasila Kurikulum merdeka

Article Details

How to Cite
Syahnur, F., Satryanti, C. S., Pratama, A. J., Kusuma, H. P., & Gibson, D. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS 4B SD NEGERI 01 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(3), 443-449. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1413