Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon dan pemahaman siswa dalam melaksanakan kurikulum merdeka khususnya pada mata Pelajaran IPAS. Selain itu respon dan kendala yang dialami guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di kelas, serta mengetahui perbedaan penggunaan kurikulum merdeka dengan kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum yang digunakan saat ini adalah kurikulum merdeka. Diharapkan kurikulum Merdeka ini dapat mencetak siswa dengan hasil belajar baik yang berlandaskan profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Teknik yang digunakan yaitu wawancara dan kuisioner. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV di salah satu SD Kepanewon Tempel. Hasil dari penelitian iniĀ  yaitu penerapan kurikulum Merdeka sudah dilakukan, sesuai dengan anjuran dari pemerintah dan bisa dikatakan sudah cukup berhasil. Meskipun dalam kenyataan di lapangan masih ada beberapa siswa yang belum bisa mengikuti pembelajaran dengan sempurna. Namun banyak siswa merasa antusias dalam belajar, sebab guru sering menggunakan berbagai model dan media pembelajaran, untuk mendukung proses pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Keywords

Kurikulum Merdeka Pembelajaran IPAS

Article Details

How to Cite
Dewanti, N. S., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2025). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(1), 1-7. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i1.1416