Main Article Content

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. IPS merupakan salah satu mata pelajaran akademis yang dirancang dan dilaksanakan untuk mengembangkan cinta lingkungan pada warga negara Indonesia mulai dari tingkat usia dini, SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Pembentukan karakter peduli lingkungan  dapat  dimulai  dari  lingkungan  sekolah  dengan  menjaga  kebersihan  sekolah. Karakter kepedulian lingkungan pada pembelajaran IPS dapat lebih berhasil apabila dalam penerapannya menggunakan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, komunikatif, dan kreatif. Adapun pendekatan tersebut melalui penerapan model project based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning pada mupel IPS terhadap penguatan kepedulian siswa pada lingkungan. Subjek penelitian ini 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model project based learning pada mupel IPS untuk membina siswa agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional serta bertanggung jawab tentang pengaruh timbal balik antara warga sekolah dengan lingkungan sekolah dalam berbagai aspek kegiatan. Adapun kegiatan tersebut antara lain: 1. Bersyukur atas karunia Alloh dengan bersikap ramah lingkungan, 2. Membiasakan menjaga kebersihan lingkungan, 3. Membiasakan rasa gotong royong, 4. Membiasakan sikap disiplin.

Keywords

Model PjBL Berbasis Proyek; Ajaran Tri Nga

Article Details

How to Cite
Puspitasari, Yulianti, H., Pradipta, H., & Zulfiati, H. M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI AJARAN TRI NGA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGUATKAN KEPEDULIAN PESERTA DIDIK TERHADAP LINGKUNGAN. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(2), 198-205. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1430