Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika dianggap kurang disukai oleh para siswa. Karena sebagian besar siswa menganggap matematika itu sangat abstrak. Dan tentu ini menjadikan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan matematis siswa. Mengenai permasalahan matematika yang jauh dari realitas, tentu merupakan anggapan yang salah, dimana matematika ini bisa
dipadukan dengan berbagai konten pembelajaran, dan salah satunya melalui budaya atau kearifan lokal. Terlebih sebagaimana diketahui Indonesia memiliki budaya yang sangat kaya dan sudah seharusnya setiap guru memasukkan nilai-nilai budaya setempat ke dalam pembelajaran matematika, agar matematika tidak dianggap sebagai ilmu penge-tahuan yang jauh dari realitas kehidupan. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas penggunaan etnomatematika terhadap kemampuan matematis siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan pencarian di mesin pencari seperti publish or perish dan google schoolar, bentuk artikel yang diambil ialah terkait pada penelitian serupa untuk selanjutnya dikaji dan diambil manfaatnya. Artikel yang digunakan ini terdiri dari 10 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database google scholar dan telah melewati kriteria yang ditentukan peneliti dalam kurun waktu 2019- 2023. Hasil dari penelitian ini ialah penggunaan etnomatematika dalam peningkatan pemahaman matematis siswa yang ditinjau dari ke-10 hasil artikel menyebutkan semua jawaban artikel merekomendasikan penggunaan etnomatematika sebagai unsur dari pembelajaran yang terintegrasi karena terdapat pemahaman konsep matematis, kearifan lokal, budaya dsb. Tentu sebagian juga merekomendasikan pengembangan penelitian lebih lanjut dikarenakan pentingnya penggunaan etnomatematika tersebut.