Main Article Content
Abstract
Kesulitan belajar mencakup adanya hambatan atau rintangan dalam mencapai tujuan pembelajaran, yang dapat tercermin dalam perbedaan antara harapan dan kinerja akademik siswa. Kesulitan belajar ini tidak hanya mempengaruhi aspek pembelajaran, tetapi juga berdampak pada pencapaian akademik secara keseluruhan di lingkungan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait kesulitan belajar matematika di SD dalam kurun waktu 2018–2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schoolar menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP). Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa terdapat kesulitan siswa dalam belajar matematika yang dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok kesuliatan yaitu Learning Obstacle, Epistemological obstacle dan Didactical obstacle.