Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam dimensi literasi baca-tulis di sekolah tersebut. Penelitian dilakukan di SD Negeri No. 198/I Pasar Baru mulai tanggal 8 Januari 2024 hingga 5 Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Gerakan Literasi Sekolah dimulai dengan beberapa tahapan, meliputi: (1) Persiapan, yang mencakup persiapan Sumber Daya Manusia, sarana-prasarana, termasuk beragam sumber bacaan, perpustakaan, dan teknologi pendukung pembelajaran, serta dukungan pemerintah; (2) Pelaksanaan, yang mencakup kegiatan literasi baca-tulis dengan tiga tahapan, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran; (3) Evaluasi, yang melibatkan faktor pendukung seperti sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah, dan faktor penghambat seperti keterbatasan waktu untuk pertemuan Tim Literasi Sekolah dalam perencanaan kegiatan literasi yang lebih baik, serta kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan literasi.