Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, validitas, dan kepraktisan multimedia pembelajaran berbasis website pada materi energi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 14/I Sungai Baung pada tanggal 3 Januari sampai 3 Februari 2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Lee & Owens, dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri 14/I Sungai Baung. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: hasil wawancara kebutuhan terkait pengembangan produk didapatkan dari wawancara kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik kelas IV, validitas produk didapatkan dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa. Kepraktisan produk didapatkan dari angket respon guru serta peserta didik uji kelompok kecil dan besar.
Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari tahapan assessment and analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas produk yang diperoleh dari validator media memperoleh rata-rata nilai 4,8 termasuk kategori “sangat valid†dengan persentase sebesar 96 %, validator materi memperoleh rata-rata nilai 4,91 termasuk kategori “sangat valid†dengan persentase sebesar 98,18 %, dan validator bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,91 termasuk kategori “sangat valid†dengan persentase sebesar 98 %. Adapun kepraktisan produk yang diperoleh dari peserta didik memperoleh rata-rata nilai 4,92 termasuk kategori “sangat praktis†dengan persentase 98,43 %, dan respon guru memperoleh rata-rata nilai 4,91 dengan kategori “sangat praktis†dengan persentase 98 %. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah multimedia pembelajaran berbasis website pada materi energi kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.