Main Article Content

Abstract

Pendidikan menjadi bagian dalam pembentukan karakter peserta didik, salah satu tujuan dari pendidikan saat ini sesuai dengan kurikulum merdeka yaitu membentuk profil pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan rutin yang dilaksanakan di kelas IV sebagai upaya pembentukan dimensi bergotong royong. Kualitatif deskriptif menjadi metode penelitian yang digunakan dan wawancara, observasi, serta dokumentasi menjadi teknik dalam pengumpulan data penelitian. Guru dan peserta didik kelas IV adalah subjek dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan rutin yang dilakukan di kelas IV dapat membentuk dimensi bergotong royong. Kegiatan rutin yang dilaksanakan yaitu piket kelas, infaq jumat dan infaq adiwiyata, kerja kelompok, tutor sebaya, dan pramuka berjalan dengan baik. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan pihak sekolah, guru, dan orang tua serta semangat peserta didik.

Keywords

Dimensi Bergotong Royong Kegiatan Rutin Faktor Pendukung

Article Details

How to Cite
Putri, S. A., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2024). PELAKSANAAN KEGIATAN RUTIN DI KELAS IV UNTUK MEMBENTUK DIMENSI BERGOTONG ROYONG. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(4), 504-509. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i4.1492