Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif dengan aplikasi book creator untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran IPAS kelas IV materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima langkah pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi book creator untuk mengembangkan e-modul interaktif. Tingkat validitas e-modul interaktif memperoleh skor rata-rata 4,8 untuk tingkat validitas materi, 4,8 untuk tingkat validitas media, dan 4,5 untuk tingkat validitas bahasa. Skor rata-rata tingkat validitas keseluruhan adalah 4,7. Mengacu pada tabel interval skor validitas, skor validitas tergolong dalam kategori "sangat valid". Tingkat kepraktisan e-modul interaktif memperoleh skor rata-rata 5 dari pendidik, skor rata-rata 4,75 dari siswa pada uji coba kelompok kecil, dan skor rata-rata 4,77 dari siswa pada uji coba kelompok besar. Skor rata-rata keseluruhan untuk kepraktisan adalah 4,84. Mengacu pada tabel interval skor kepraktisan, skor tersebut tergolong dalam kategori "sangat praktis".

Keywords

E-modul interaktif pembelajaran berdiferensiasi

Article Details

How to Cite
Depra, L., Syahrial, & Hayati, S. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(4), 510-515. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i4.1499