Main Article Content

Abstract

Dalam pembelajaran dikelas setiap guru memiliki strategi dan metode pengajaran yang berbeda, yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada siswa dengan lebih efektif. Metode pembelajaran dipilih dengan cermat oleh guru agar memfasilitasi pemahaman materi oleh siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat dua data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode role playing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri No. 48/VII Pelawan II Kecamatan Pelawan telah membawa dampak positif yang signifikan. Metode ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, menjaga keaktifan dan antusiasme di kelas, serta mengubah persepsi siswa yang awalnya kurang tertarik menjadi lebih bersemangat, terutama dalam membaca. Meskipun terdapat beberapa kelemahan seperti membutuhkan waktu yang relatif lama dan adanya kendala dalam menghayati peran yang dimainkan oleh beberapa siswa, namun kelebihan yang diperoleh jauh lebih berarti. Dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang matang, metode role playing dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Keywords

Role Playing Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Fitri, S., Nazurty, & Sukendro. (2024). IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO. 48/VII PELAWAN II KECAMATAN PELAWAN. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(4), 582-586. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i4.1500