Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik kelas IV SDN 171/I Bajubang Laut. Aktivitas peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran belum terlihat, pembelajaran hanya mengacu pada buku siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning berbasis TPACK pada muatan IPAS di kelas IV SDN 171/I Bajubang Laut. Penelitian ini dilakukan di SDN 171/I Bajubang Laut pada Januari-Februari 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Project Based Learning berbasis TPACK pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I pertemuan I sebesar 47,36% dan pada pertemuan II sebesar 52,94% yang mengalami peningkatan sebanyak 5,58%. Siklus II pertemuan I 76,47%, pada pertemuan II 83,33% yang mengalami peningkatan sebanyak 6,86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keaktifan peserta didik menggunakan model Project Based Learning berbasis TPACK pada muatan IPAS kelas IV SDN 171/I Bajubang Laut. Terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. Keaktifan peserta didik dapat meningkat dengan model Project Based Learning berbasis TPACK.