Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter peserta didik di Sekolah Dasar khususnya karakter religius. Terdapat persoalan akhlak, moral, budi pekerti, dan karakter seperti penggunaan bahasa dan kata-kata yang kurang baik ketika berkomunikasi, rendahnya rasa hormat kepada guru dan orang tua, kurang tekunnya dalam melaksanakan kewajiban shalat, rendahnya kemampuan dalam membaca kitab suci Al-Qur’an, kurang tertarik dalam mempelajari ajaran agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kesenian hadrah di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 111/I Muara Bulian pada Januari-Februari 2024. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kegiatan kesenian hadrah yang dilakukan secara rutin setiap minggunya dapat membentuk karakter religius pada peserta didik di Sekolah Dasar. Pembentukan karakter religius dapat dilihat dari perbuatan siswa yang lebih mencerminkan karakter religius tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkam bahwa kesenian Hadrah di SD Negeri 111/I Muara Bulian telah berhasil membentuk karakter religius pada peserta didik. Terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. Karakter religius peserta didik terbentuk melalui kegiatan kesenian hadrah yang dilakukan secara rutin.

Keywords

Karakter Religius; Kesenian Hadrah

Article Details

How to Cite
Hestiana, S. D., Asrial, & Alirmansyah. (2024). PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KESENIAN HADRAH DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(4), 601-609. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i4.1511