Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran website menggunakan Assemblr Edu pada materi keaekaragaman suku dan budaya indonesia kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran website menggunakan Assemblr Edu pada materi keaekaragaman suku dan budaya indonesia kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 4,62 dengan kategori sangat valid, penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori produk sangat valid serta penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru mendapat rata-rata sebesar 4,9 dengan kategori Sangat Praktis, dan penilaian dari respon peserta didik pada uji kelompok besar mendapat skor rata-rata 4,63 dengan kategori sangat praktis serta penilaian dari penilaian respon siswa pada uji coba kelompok kecil mendapat rata-rata 4,77 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media website menggunakan Assemblr Edu pada materi keaekaragaman suku dan budaya indonesia kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat.