Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru dalam penerapan media cerita digital sebagai media penjembatan pada kegiatan belajar mengajar di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Dalam kegitan belajar mengajar tentu tidak lepas dari persepsi guru sebagai pemegang kendali dalam kelas, penelitian ini menyoroti proses pengajaran mengggunakan media cerita digital oleh guru dari aspek tantangan, manfaat, keterampilan, dan pendapat dari sudut pandang partisipan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, partisipan dalam peneltian ini adalah tiga orang guru yang sudah pernah menerapkan media cerita digital dalam kegiatan mengajarnya. Metode yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan persepsi partisipan pada media cerita digital sangatlah positif, pada awal pembutan partisipan mengalami kesulitan terutama dalam hal penyuntingan, namun partisipan mulai mahir setelah mecoba dan belajar seiring waktu. Walau partisipan memiliki persepsi positif terhadap media pembelajaran, masih ada aspek yang belum sesuai pada media cerita digital yang sudah ada. Dari hasil data menunjukan bahwa partisipan akan terus memperbaiki media karena partisipan merasa terbantu dan memiliki persespsi yang positif.