Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran yang dirancang khusus untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), dengan fokus pada materi gejala kemagnetan dan gaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Langkah-langkah dalam penelitian ini mencakup analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, desain media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik, pengembangan media pembelajaran yang mudah dipahami, implementasi dalam lingkungan pembelajaran di kelas IV SD dan kepraktisan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik kelas IV SD dalam memahami materi tentang gejala kemagnetan dan gaya. Media pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, minat, dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran IPAS serta mendorong penggunaan teknologi dalam pendidikan dasar. Penelitian ini memberikan pandangan yang bermanfaat terhadap perkembangan dan peningkatan metode pembelajaran berbasis teknologi khususnya software bagi peserta didik yang dimana dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar.

Keywords

Media Pembelajaran Software Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Murba, A., Destrinelli, & Pamela, I. S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software pada Materi Gejala Kemagnetan dan Gaya di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(1), 8-14. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i1.1540