Main Article Content
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis software pada materi perubahan wujud zat dan energi untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui prosedur, tingkat validitas, dan juga tingkat kepraktisan dari multimedia pembelajaran interaktif berbasis software pada materi perubahan wujud zat dan energi untuk kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Lee dan Owens yang terdiri dari tahap penilaian dan analisis, desain, pengembangan dan implementasi, serta evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya validasi dari ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,9 dengan persentase 98% dan berada pada tingkat sangat valid. Validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,7 dengan persentase 94% dan berada pada tingkat sangat valid. Validasi dari ahli bahasa mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,9 dengan persentase 98% dan berada pada tingkat sangat valid. Penilaian Kepraktisan dari respon guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,8 dengan persentase 96% dan berada pada tingkat sangat praktis. Serta penilaian kepraktisan dri respon peserta didik mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,9 dengan persentase 98% dan berada pada tingkat sangat valid.