Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas 5B SD Negeri 30 Pontianak Selatan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru kelas dan teman sejawat. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh peserta didik kelas 5B SD Negeri 30 Pontianak Selatan berjumlah 20 peserta didik, sedangkan objek penelitian tindakan kelas ini adalah sikap percaya diri peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) selama tiga siklus. Hal itu dibuktikan dengan hasil observasi oleh observer bahwa sikap percaya diri peserta didik pada siklus I berada pada kategori kurang, pada siklus I ketuntasan sikap percaya diri peserta didik belum tercapai secara maksimal. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori cukup. Dan di siklus III mengalami peningkatan yang signifikan berada pada kategori baik sehingga ketuntasan sikap percaya diri telah berhasil dan dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat menumbuhkembangkan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas 5B SD Negeri 30 Pontianak Selatan.

Keywords

Rasa Percaya Diri Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Article Details

How to Cite
Maulana, D. V., & Halidjah, S. (2025). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas 5B SDN 30 Pontianak Selatan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(1), 15-18. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i1.1551