Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Di SDN 198/1 Pasar Baru serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SDN 198/1 Pasar Baru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 198/1 Pasar Baru Kec. Muara Bulian yang berlokasi di Jl. Abdul Mutholip RT.14/RW.02, Kel. Pasar Baru, Kec. Muara bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus digunakan pada penelitian ini. Data dalam penelitian ini mencakup kumpulan informasi terkait dengan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak di SDN 198/1 Pasar Baru. Sumber data ini diperoleh dari partisipasi subjek penelitian yang dijadikan sebagai sumber informasi, diantaranya, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Wali Kelas IV dan Kelas V. Data yang diperoleh dari informan dikumpulkan melalui instrumen lembar observasi, panduan wawancara, dan studi dokumen. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai teknik validitas data dalam penelitian ini. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif dilakukan simulti dengan proses pengumpulan data, dan juga pada waktu yang berbeda. Proses analisis data kualitatif terbagi menjadi tiga tahap utama menurut Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV dan kelas V SD Negeri 198/1 Pasar Baru berhasil menerapkan projek tersebut dengan baik. Keberhasilan ini tercermin dari berhasilnya penerapan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak tersebut, yang tidak terlepas dari peran penting guru dalam mengimplementasikannya.