Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 216/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Hal ini karena peserta didik mengalami peningkatan keaktifan belajar dengan memperhatikan tiap indikator keaktifan belajar yang dapat terlihat pada setiap siklus. Hasil yang diperoleh keaktifan belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu sebesar 40% dengan kategori kurang dan pertemuan II yaitu sebesar 53% dengan kategori kurang. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 63% dengan kategori cukup dan pertemuan II juga mengalami peningkatan menjadi 80% dengan kategori baik.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 216/IV Kota Jambi. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan indikator keaktifan belajar pada setiap siklus dan pertemuannya.