Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V SD Negeri 14/1 Sungai Baung. Penelitian ini dilaksanakan di Sungai Baung kelas V SDN 14/1. Berikutnya subjek penelitian ini adalah murid yang berada di kelas V SDN 14/1 Sungai Baung, dengan total 28 siswa yang terbagi rata antara 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pembelajaran yang menjadi sasaran yaitu mata pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Ada 4 tahap penting yang digunakan dalam penelitian tindakan ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas V SDN 14/1 Sungai Baung pada mata pelajaran IPAS dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Tercermin dari hasil tes yang terus meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan pertama rata-rata nilai tes mencapai 71% dengan 16 siswa yang tuntas dari total jumlah siswa sebanyak 25, yang menghasilkan persentase klasikal sebesar 57,14% dengan kategori kurang. Pada pertemuan kedua siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 78% jumlah siswa yang tuntas 20 dari 28 jumlah siswa keseluruhan dan menghasilkan persentase klasikal sebesar 71,42% dengan kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama, rata-rata nilai tes mencapai 79%, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 dari 28 jumlah siswa keseluruhan, menghasilkan persentase klasikal sebesar 82,14% dengan kategori baik. Pada pertemuan kedua siklus II rata-rata nilai meningkat lagi menjadi 86%, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dari total siswa sebanyak 28 orang, menghasilkan persentase klasikal sebesar 85,71% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang sudah dijelaskan maka siklus II mencapai indikator kinerja yang diharapkan peneliti.

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi Kemampuan Kognitif IPAS

Article Details

How to Cite
Kusuma, F. P. I., Syahrial, & Rosmalinda, D. (2025). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SDN 14/1 Sungai Baung. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(1), 39-46. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i1.1559