Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 128 Palembang yang berjumlah 18 peserta didik pada materi “Peristiwa Sumpah Pemuda” mata Pelajaran IPS  dengan menggunakan media komik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menganalisis hasil pembelajaran dari pra siklus kemudian menerapkan perlakuan menggunakan media komik pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 28% pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 68% dan siklus II mendapatkan rata-rata 78%. Kesimpulannya bahwa terdapat peningkatan signifikan dari penerapan media komik terhadap hasil belajar materi “Peristiwa Sumpah Pemuda” mata Pelajaran IPS . Model pembelajaran yang partisipatif dalam memberikan dampak positif dalam pengembangan pembelajaran yang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran komik  meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Media Pembelajaran Komik Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Kholfi, A. A. Z., Siahaan, S. M., & Masfufah, A. (2025). Penggunaan Media Komik Pada Materi Peristiwa Sumpah Pemuda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas V di SDN 128 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(1), 123-130. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i1.1685