Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 128 Palembang yang berjumlah 18 peserta didik pada materi “Peristiwa Sumpah Pemuda” mata Pelajaran IPS dengan menggunakan media komik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menganalisis hasil pembelajaran dari pra siklus kemudian menerapkan perlakuan menggunakan media komik pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 28% pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 68% dan siklus II mendapatkan rata-rata 78%. Kesimpulannya bahwa terdapat peningkatan signifikan dari penerapan media komik terhadap hasil belajar materi “Peristiwa Sumpah Pemuda” mata Pelajaran IPS . Model pembelajaran yang partisipatif dalam memberikan dampak positif dalam pengembangan pembelajaran yang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran komik meningkatkan hasil belajar peserta didik.