Main Article Content
Abstract
Pembelajaran yang berkualitas merupakan kegiatan edukatif yang mampu mewujudkan target pendidikan yang dirumuskan oleh pengajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV UPTD. SD Negeri 26 Teluk Panji I ditemukan bahwa pencapaian hasil belajar para murid belum memenuhi standar yang ditargetkan. Berkaitan dengan kondisi ini, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL dengan bantuan media audio visual. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas yang mengikutsertakan subjek penelitian yaitu murid kelas IV UPTD. SD Negeri 26 Teluk Panji I yang berjumlah 25 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini direalisasikan menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis informasi diimplementasikan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan bantuan media audio visual berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengingat melalui model pembelajaran dan dukungan media tersebut, para siswa memperlihatkan minat yang lebih besar dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan hasil belajar tergambar melalui peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik dimulai dari prasiklus yang menunjukkan angka 28%, selanjutnya pada siklus I mengalami kenaikan hingga 64%, dan akhirnya pada siklus II berkembang mencapai 88%. Mengacu pada data tersebut, dapat dirumuskan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan dukungan media audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas IV UPTD. SD Negeri 26 Teluk Panji I.