Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di SDN Telang 1 yang cenderung monoton, menyebabkan banyak siswa merasa bosan dan menurunnya literasi. Terbatasnya bahan ajar interaktif menjadi penyebab utama pada permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Book interaktif berbasis kearifan budaya lokal yang valid dan menarik pada materi warisan budaya untuk siswa kelas 5 di SDN Telang 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model 4D Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian terdiri dari validasi ahli bahan ajar, ahli desain pembelajaran, dan ahli materi serta subjek uji yaitu guru dan 13 siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, sementara pengumpulan data melalui angket validasi ahli serta angket respons guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-Book interaktif dinyatakan valid untuk digunakan sebagai bahan ajar IPS kelas 5 SD dengan skor validitas rata-rata sebesar 94,96% (kategori sangat valid), 2) E-Book interaktif menarik dengan skor kemenarikan rata-rata sebesar 78% (kategori menarik) pada uji coba terbatas dan skor kemenarikan rata-rata sebesar 71,5% (kategori menarik) pada uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-Book interaktif berbasis kearifan lokal pada materi warisan budaya untuk kelas 5 di SDN Telang 1 dinilai valid dan menarik sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar IPS di tingkat sekolah dasar.