Main Article Content
Abstract
Penelitian ini betujuan menganalisis proses implementasi Kurikulum Merdeka yang dikombinasikan dengan kurikulum sekolah alam dan menganalisis peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka, termasuk metode pengajaran yang digunakan, cara mereka mendukung kreativitas siswa, dan interaksi dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di Jogja Green School secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa. Siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses belajar melalui kegiatan proyek yang relevan dengan kehidupan nyata mereka. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dan pendukung dalam pembelajaran berbasis proyek sangatlah penting, karena mereka membangun lingkungan yang mendukung eksplorasi dan pengembangan siswa. Melalui pendekatan berbasis proyek dan kreativtias, siswa tidak hanya memperluas pengetahuan, tetapi juga mengasah keterampilan kreatif yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar yang berorientasi pada pengembangan kreativitas dan karakter siswa dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek.