Main Article Content

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang belajarkan model PBL dan dibelajarkan metode ekspositori. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan desaian  post-test only control group design. Data literasi sains diperoleh melalui tes. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji-t. Hasil  thitung sebesar 4,30dan ttabel = 2,00 (dengan tingkat signifikasi 5%).  Berarti thitung>ttabel, maka simpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan metode ekspositori. Dari rerata skor literasi sains, berada pada kategori sangat tinggi dengan Mean 23,51 sedangkan kelompok kontrol berada pada kateogri sedang dengan hasil Mean 15,75. Jadi, kesimpulannya bahwa model  PBL meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang.

Keywords

PBL, Literasi Sains, Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Aiman, U., & Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R. (2020). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 1(1), 1-5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195