Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif write around terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas V di SDN Banyu Urip VI/367, Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi rendahnya kemahiran siswa dalam menulis teks naratif yang disebabkan oleh minimnya strategi pengajaran yang inovatif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain posttest-only control design. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yang melibatkan 51 siswa; 31 siswa ditempatkan dalam kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif write around, sedangkan 20 siswa sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pendekatan pembelajaran tradisional konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan menulis teks naratif yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji deskriptif analitis dan inferensial dengan uji-t, serta diuji homogenitas dan normalitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen memperoleh skor post-test yang lebih tinggi (95,96) dibandingkan dengan kelompok kontrol (77,88), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif write around berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks naratif siswa. Kesimpulan penelitian mendukung hipotesis bahwa model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan write around merupakan strategi yang efektif dalam mengatasi kesenjangan keterampilan menulis pada siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.