Main Article Content
Abstract
Komplesksitas dari pembelajaran IPA membuat pembelajaran IPA ini memerlukan pemahaman konsep dan minat belajar siswa dengan baik, salah satunya yaitu perubahan energi pada kelas IV SD. Selain berguna dalam kehidupan sehari-hari, materi perubahan energi pada sekolah dasar juga menjadi landasan untuk memahami konsep yang lebih kompleks pada jenjang pendidikan kedepannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan guna mengetahui seberapa efektif model Guided Discovery Learning berbantuan PhET Simulations terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa SD pada materi perubahan energi. Metode kuantitatif dimanfaatkan penggunaannya pada penelitian ini dan dengan desain penelitian quasi experiment design serta bentuk pretest-posttest control design. Selain itu, terdapat instrumen lembar tes dan angket yang dikerjakan oleh siswa berjumlah 53 siswa. Berlandaskan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwasanya didapati perbedaan antara model GDL berbatuan PhET Simulations dengan model Direct Instruction (DI) terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa SD pada materi perubahan energi. Dengan demikian, diimplikasikan bahwasanya didapati efektivitas dari model Guided Discovery Learning berbantua PhET Simulations terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa SD pada materi perubahan energi.