Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tercapainya hasil belajar siswa dilihat dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada mata pelajaran matematika setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle; 2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle; 3) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 25 Singkawang. Metode penelitian adalah Quasi-Experimental dengan desain One-Group-Pretest-Posttest-Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas V SD Negeri 25 Singkawang. Sampel penelitian diambil secara non probability sampling dengan sampel jenuh berjumlah 28 siswa kelas V. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan excel. Pengujian hipotesis yang pertama menggunakan uji t satu sampel, hipotesis yang kedua uji N-Gain dan hipotesis yang ketiga uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata nilai siswa sebesar 84,71 mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada mata pelajaran matematika setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle dengan nilai t satu sampel yaitu t_hitung= 6,09 > t_tabel= 2,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima; 2) Terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Make A Match berbantuan media Puzzle dengan uji N-Gain sebesar 0,80 diklasifikasikan pada kategori tinggi; 3) Model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle berpengaruh besar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD dengan uji Effect Size diperoleh nilai Es = 3,69 dan kriterianya tinggi.

Keywords

Model Pembelajaran Make A Match Media Puzzle Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Chotijah, S., Anitra, R., & Buyung. (2025). Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(2), 287-292. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i2.2118