Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan minat belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran etnomatematika berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa kelas enam di salah satu Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah di Kota Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang berisi sejumlah pertanyaan untuk mengukur minat belajar siswa Instumen angket berisi 20 pernyataan yang meliputi indikator-indikator minat belajar. Indikator minat belajar yang diukur meliputi rasa senang terhadap pembelajaran, ketertarikan, perhatian, keingintahuan, dan keaktifan dalam pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, yang menyajikan hasil dalam bentuk rata-rata dan persentase guna memberikan gambaran yang lebih jelas terkait minat belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran etnomatematika berada dalam kategori sangat tinggi. Ditinjau dari jenis kelamin, minat siswa laki laki dan perempuan juga tidak cukup jauh berbeda, laki-laki memiliki minat belajar yang sangat tinggi, sedangkan perempuan memiliki minat belajar yang tinggi. Dengan demikian, pembelajaran etnomatematika dapat menjadi alternatif yang efektif dalam menarik minat siswa untuk mempelajari matematika.