Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan siswa yang menunjukkan perilaku yang tidak aktif dalam mencari informasi terkait materi pembelajaran yang sedang dipelajari di dalam kelas. Pada kondisi siswa yang tidak aktif tentunya akan mengakibatkan penurunan ketuntasan belajar siswa khususnya pada karakteristik materi yang membutuhkan visualisasi seperti materi siklus air. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video interaktif berbantuan e-learning edpuzzle yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efektivitas sehingga dapat mendukung siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur ADDIE. Pengumpulan data berupa angket, instrumen tes, dan instrumen wawancara dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria valid dari ahli materi sebesar 92% (sangat valid) dan ahli media dengan rata-rata sebesar 95% (sangat valid). Produk memenuhi kriteria praktis dari hasil angket uji coba kelompok kecil, besar, dan respon guru sebesar 100% (sangat praktis). Produk juga memiliki efektivitas dengan hasil uji paired sample t-test dimana thitung 22.093 > ttabel 2.045 sehingga Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan ketuntasan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk.