Main Article Content

Abstract

Tujuan dilaksanakan evaluasi program adalah untuk mengetahui pencapaian program dengan langkah mengetahui terlaksananya kegiatan program komite sekolah di SD Negri Boleng, Kabupaten Flores Timur. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil evaluasi yang menggunakan model evaluasi CIPP dengan empat komponen yaitu Conteks meliputi aspek relevansi program komite sekolah, komponen Input meliputi aspek sarana  prasarana  dan sumber dana, komponen Proses meliputi aspek implementasi program komite sekolah dan kerja sama masyarakat, komponen Produk meliputi aspek dampak dari program komite sekolah terhadap kualitas pendidikan SD Negri Boleng. Temuan dilapangan menunjukan bahwa Komite Sekolah di SD Negri Boleng pada dasarnya memiliki program komite dan program kommite sekolah yang dijalankan di SD Negri Boleng yaitu berupa membantu sekolah dalam proses pencarian dana ketika tidak didanai oleh Bosda Maupun Bosnas. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negri Boleng komite sekolah harus bekerjasama yang baik dengan pihak sekolah maupun orang tua wali murid guna kemajuan  sekolah SD Negri Boleng dan pihak sekolah dan komite lebih  mengedepankan kepentingan program komite dan program sekolah yang sudah ditentukan melalui hasil rapat bersama. Program yang dilaksanakan komite sekolah itu selalu memiliki dampak sangat besar untuk kemajuan sekolah SD Negri Boleng, mulai dilihat dari program pembangunan lapangan olah raga/ multi fungsi. Dengan adanya program sudah di lakukan komite sekolah itu sangat berdampak buat sekolah. Dan pihak sekolah juga sangat memberikan dukungan serta aprsiasi terhadap keberhasilan program komite sekolah yang ada di SD Negri Boleng

Keywords

Evaluasi, Program Komite Sekolah, SD Negri Boleng

Article Details

How to Cite
Syahril Muh, A. (2020). EVALUASI PROGRAM KOMITE SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTUN PENDIDIKAN DI SD NEGRI BOLENG KECAMATAN ILEBOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 1(1), 31-39. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.214