Main Article Content
Abstract
Studi ini mengkaji secara komprehensif efektivitas penggunaan media audiovisual berbasis Powtoon dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa kelas IV SD Negeri 01 Harjo Mulyo pada materi medan magnet. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui desain penelitian kuasi-eksperimental dengan model kelompok kontrol non-ekuivalen. Subjek penelitian melibatkan seluruh populasi siswa kelas IV (30 peserta) yang dikelompokkan melalui teknik sampling jenuh. Instrumen pengukuran terdiri atas tes uraian 10 butir soal yang diadministrasikan dalam dua tahap: pretest (pemetaan kemampuan awal) dan posttest (evaluasi pascaintervensi). Hasil analisis mengungkapkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dengan skor rata-rata posttest 77,27, secara statistik lebih unggul 34% dibandingkan dengan kelompok kontrol (57,67). Uji-t independen menunjukkan perbedaan bermakna (p=0,000 < 0,05) yang mengonfirmasi keefektifan intervensi media Powtoon. Temuan penelitian membuktikan bahwa implementasi media Powtoon secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Hasil ini merekomendasikan integrasi media audiovisual interaktif Powtoon dalam desain pembelajaran sains sekolah dasar untuk optimalisasi hasil belajar siswa.