Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi siswa terhadap matematika sebagai pelajaran yang sulit, terutama pada materi pengukuran volume. Observasi awal di kelas IV SDN 002 Palembang menunjukkan sekitar 60% siswa merasa takut menjawab soal di depan kelas dan kesulitan memahami konsep karena pembelajaran masih bersifat konvensional, yakni hanya menggunakan gambar dari buku tanpa melibatkan aktivitas nyata. Kondisi ini berakibat pada rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian yang dilakukan bertujuan mengkaji efektivitas model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret terhadap peningkatan hasil belajar, pemahaman konsep, dan keaktifan siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus yang mencakup fase perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian melibatkan 37 siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar, serta dokumentasi, lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh gambaran hasil secara menyeluruh. Hasil penelitian mengindikasikan peningkatan rata-rata hasil belajar dari 38,24 (pra-siklus) menjadi 61,35 (siklus I), dan 77,97 (siklus II). Ketuntasan belajar klasikal mengalami kenaikan dari 16,22% (pra-siklus) menjadi 45,95% (siklus I) dan 75,68% (siklus II). Partisipasi aktif siswa pun meningkat secara signifikan dari 76% (siklus I) menjadi 89% (siklus II). Dengan demikian, penerapan model CTL berbantuan media konkret terbukti efektif dalam mendorong peningkatan hasil belajar, pemahaman konsep, dan keaktifan siswa. Penelitian yang dilakukan memberikan kontribusi nyata dalam penerapan model pembelajaran matematika yang inovatif dan kontekstual di SD.

Keywords

Contextual Teaching and Learning Media Konkret Hasil Belajar Pengukuran Volume

Article Details

How to Cite
Nisa, L. K., Akhsan, H., & Ribkoh, R. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pengukuran Volume Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Konkret di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(3), 373-380. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i3.2200