Main Article Content
Abstract
Gaya belajar merupakan metode yang diterapkan secara konsisten oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi, memproses informasi, mengingat informasi, dan menyelesaikan tugas sehingga siswa mampu menafsirkan, menerjemahkan atau mengemukakan sesuatu dengan kemampuannya sendiri setelah sesuatu itu didapati dan dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa berkebutuhan khusus pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bajawa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SLB Negeri Bajawa bahwa siswa berkebutuhan khusus pada sekolah luar biasa memiliki gaya belajar yang beragam, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 25 siswa memiliki gaya belajar visual, sebanyak 20 siswa memiliki gaya belajar auditori dan 33 siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil ini mejadi acuan untuk guru dan para peneliti lainnya sebagai landasan pertimbangan proses pembelajaran berkelanjutan siswa berkebutuhan khusus.