Main Article Content
Abstract
Teknologi memegang peran sentral dalam pendidikan, meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan kualitas pengalaman belajar. Namun, pembelajaran muatan lokal Bahasa Cirebon masih sering menggunakan metode konvensional. Pendekatan ini memiliki keterbatasan dalam memfasilitasi pembelajaran aktif dan kreativitas siswa, sehingga berdampak pada rendahnya minat serta motivasi siswa saat belajar Bahasa Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi tingkat kegunaan Media Diajaran Basa Cerbon berdasarkan skor System Usability Scale (SUS) dari persepsi penggunanya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode SUS. Sebanyak 10 kuesioner disebarkan kepada responden yang telah menggunakan Media Diajaran Basa Cerbon. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excel, mengikuti rumus dan perhitungan SUS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Diajaran Basa Cerbon memperoleh skor rata-rata SUS sebesar 79. Angka ini mengindikasikan bahwa media tersebut memiliki nilai yang baik, dengan grade skala C dan adjective rating "Good". Media Diajaran Basa Cerbon juga termasuk dalam kategori Acceptable (Dapat Diterima), menunjukkan bahwa media ini dapat digunakan secara efektif dan mendapat penerimaan positif dari pengguna. Secara spesifik, pengguna menilai Media Diajaran Basa Cerbon mudah dipahami, mudah diakses, dan nyaman digunakan, serta merasa puas terhadap fitur-fitur yang ada di dalamnya. Implikasi dari temuan ini bahwa Media Diajaran Basa Cerbon sangat berpotensi untuk menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar Muatan Lokal Bahasa Cirebon.