Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPA di kelas masih terfokus pada hafalan materi tanpa mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, yang menghambat efikasi diri serta keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan analisis implementasi pembelajaran IPA berbasis STEAM pada proyek Making Craft With 3R untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini mencakup guru serta siswa kelas VI SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Metode pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis STEAM pada proyek Making Craft With 3R bisa menaikkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu sebanyak 71% berada pada kategori baik dan 19% kategori sangat baik, meningkat menjadi 50% kategori baik dan 55% pada kategori sangat baik. Kreativitas siswa juga terasah terbukti dari hasil pot bunga yang memiliki banyak variasi dari segi bentuk, model, pewarnaan, serta variasi tanaman. Tindakan dimulai dengan memberi permasalahan berupa pencemaran sampah botol plastik. Siswa berdiskusi memecahkan masalah tersebut dan membuat proyek making craft with 3R berupa pot bunga dari sampah botol plastik. Hasil kreativitas siswa tersebut dipresentasikan di depan kelas dan dipajang di taman sekolah. Dengan pembelajaran STEAM yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat.

Keywords

Pembelajaran IPA STEAM Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Lestariningsih, S., Nisa, A. F., Khosiyono, B. H. C., Masjid, A. A., & Cahyani, B. H. (2025). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEAM Pada Proyek Making Craft With 3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(3), 442-452. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i3.2321