Main Article Content

Abstract

Praktik pembelajaran yang masih didominasi oleh pendekatan klasikal berpotensi menciptakan hambatan bagi siswa yang gaya belajarnya tidak sesuai dengan metode pengajaran yang digunakan oleh guru. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan masih mengalami banyak tantangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan-hambatan yang perlu diatasi dan mengeksplorasi strategi-strategi pembelajaran berdiferensiasi yang telah diterapkan dan dianggap berhasil dalam mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa di SD Inpres Taman Jaya. Metode penelitian yang digunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan kualitatif dipilih karena bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan secara mendalam pengalaman dan perspektif guru terkait tantangan dan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa. Data yang di ambil meliputi wawancara dan data angket yang di isi oleh guru dan siswa. Hasil penelitian di analisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan yang banyak dialami oleh guru yaitu tentang variasi kebutuhan belajar siswa seperti kemampuan, minat dan gaya belajar siswa sangat beragam dengan poin 39 dengan skor interval 97,5%. Artinya banyak guru yang telah melakukan tes diagnostik untuk mengetahui gaya belajar dan kebutuhan belajar siswa. Sedangkan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh semua guru yaitu penggunaan media pembelajaran seperti gambar dan alat peraga yang beragam dengan poin sebesar 36 dengan skor interval 90%. Artinya guru telah menggunakan berbagai strategi pembelajaran di dalam kelas untuk mengekomodasi keberagaman gaya belajar siswa.

Keywords

Tantangan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Siswa

Article Details

How to Cite
Mahananingtyas, E., Johannes, N. Y., Alerbitu, N., Heumassy, A. P., & Juwanti, J. (2025). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengakomodasi Keberagaman Gaya Belajar Siswa di SD Inpres Taman Jaya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(3), 482-496. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i3.2411