Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi 5.0 memberikan tantangan bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran guna mendukung pembelajaran yang efektif dan inovatif. Keterbatasan media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran kurang interaktif dan minat belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran interaktif Pancasila terintegrasi ajaran Tri Nga. Media interaktif ini merupakan media pembelajaran daring dengan kombinasi platform canva dan wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kempong di kelas IV dengan jumlah siswa 16 orang. Model penelitian ADDIE yang dilakukan meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pada tahap analyze peneliti melakukan analisis kebutuhan terhadap beberapa guru mengenai pengembangan media pada pelajaran Pancasila. Tahap Design merupakan tahap perancangan media interaktif mode daring sesuai kebutuhan guru. Pada tahap development dilakukan perancangan media menjadi seatu media interaktif. Selanjutnya tahap implementation dilakukan validasi ahli materi dan media serta uji kepraktisan media. Pada tahap evaluasi dilakukan uji coba skala kecil dengan menggunakan media interaktif Pancasila. Hasil uji validitas terhadap ahli materi meggunakan angket validasi diperoleh hasil presentase 97,3% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media menggunakan angket validasi ahli diperoleh hasil presentase 86,6 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan menggunakan angket respon guru diperoleh hasil 95% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon siswa diperoleh rerata 91% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji t berpasangan menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, produk media interaktif Pancasila terintegrasi ajaran Tri Nga signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai sila Pancasila.  

Keywords

interactive media Pancasila The teaching of Tri Nga

Article Details

How to Cite
Wahyuningtyas, E. J., & Wibawa, S. (2025). Pengembangan Media Interaktif Pancasila Terintegrasi Ajaran Tri Nga. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(3), 497-506. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i3.2419