Main Article Content

Abstract

Kemampuan berpikir komputasional merupakan salah satu bentuk literasi esensial abad ke-21 yang perlu dikenalkan sejak dini, dan pembelajaran matematika di sekolah dasar menjadi ranah strategis untuk mengintegrasikannya. Salah satu pendekatan yang relevan adalah melalui aktivitas coding. Namun, kebutuhan akan perangkat digital membuat implementasi coding tidak merata, terutama di wilayah dengan keterbatasan infrastruktur teknologi. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan activity book dengan pendekatan unplugged coding yaitu aktivitas coding tanpa perangkat digital yang terintegrasi logika berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika kelas II SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan melibatkan 42 siswa kelas II SD Bertingkat Naikoten Kupang, guru kelas, serta validator ahli. Produk dikembangkan dalam bentuk 30 aktivitas yang dirancang untuk melatih empat pilar utama berpikir komputasional: dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan berpikir algoritmik. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi, sementara uji coba terbatas menunjukkan bahwa perangkat mampu mendorong partisipasi aktif, meningkatkan pemahaman konsep matematika, serta membangun antusiasme siswa terhadap logika dan pemecahan masalah. Temuan ini menegaskan bahwa pengembangan activity book dengan pendekatan unplugged coding pembelajaran matematika di kelas II SD secara efektif mampu memfasilitasi penguatan keterampilan berpikir komputasional dan matematis siswa. unplugged coding tidak hanya merupakan solusi teknis atas keterbatasan akses digital, tetapi juga pendekatan pedagogis yang kuat dalam upaya pengenalan aktivitas coding pada jenjang awal pendidikan.

Keywords

Unplugged Coding, Berpikir Komputasi, Pembelajaran Matematika, Activity book

Article Details

How to Cite
Akbari, U. F., & Ahmad, R. A. R. (2025). Upaya Pengenalan Coding Sejak Dini: Integrasi Logika Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(2), 344-352. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i2.2425