Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangan media pembelajaran Augmented Reality Kotak Petualangan Misteri untuk mendukung literasi membaca siswa sekolah dasar. Literasi membaca peserta didik di sekolah dasar saat ini masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk mendukung literasi membaca dengan melakukan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality Kotak Petualangan Misteri. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE meliputi tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Uji kelayakan dalam penelitian ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Selanjutnya subjek untuk melihat respons yaitu dilakukan oleh satu orang guru, dan delapan peserta didik kelas IV SD Negeri Karangmulyo. Instrumen pengambilan data yaitu menggunakan skala Likert. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) media pembelajaran Augmented Reality Kotak Petualangan Misteri berhasil dikembangkan untuk mendukung literasi membaca siswa sekolah dasar; (2) hasil penilaian kelayakan dari ahli media dengan nilai 91,1 kategori sangat baik, ahli materi dengan nilai 87,5 kategori sangat baik dan ahli pembelajaran dengan nilai 82,5 kategori sangat baik; (3) hasil respon guru dengan nilai 89,2 kategori sangat baik; (4) respons peserta didik kelas IV mendapat nilai 100 kategori sangat baik.

Keywords

Augmented reality, media pembelajaran, literasi membaca, sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Aristia, A., Putri, R. D. P., & Hermansyah, A. K. (2025). Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(3), 463-471. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i3.2447