Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar menjadi kajian penting dalam membekali siswa agar memiliki kemampuan menghitung dan mengolah data. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan desain pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media video animasi berbasis games wordwall untuk meningkatkan literasi dan numerasi itinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development model ADDIE melalui tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa kelas VI MI Nurul Huda Surabaya. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan desain video animasi berbantu games wordwall dikembangkan berdasarkan kebutuhan, kurikulum dan karakteristik siswa. Kevalidasn media pembelajaran oleh ahli memperoleh rata-rata diatas 80% sehingga dinyatakan sangat valid. Kepraktisan media secara teori oleh ahli menyatakan praktis dengan sedikit revisi, sedangkan secara praktik oleh respon siswa memperoleh rata-rata 4,40 sehingga sangat praktis. Keefektifan media dengan mengontrol kemampuan awal melalui uji ancova memperoleh nilai signifikasi 0,005 lebih kecil 0,05 artinya Ho ditolak sehingga literasi numerasi siswa yang menerapkan media video animasi berbantu games wordwall lebih baik daripada siswa yang tidak menerapkan media video animasi berbantu games wordwall. Sementara itu, literasi numerasi siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dibandingkan gaya belajar auditorial dan kinestetik, dengan rata-rata skor 78,00 yang lebih tinggi dibandingkan 73,71 untuk auditorial dan 58,67 untuk kinestetik.